Apa Itu Raised Floor?

Raised floor atau yang disebut juga Access Floor merupakan sejenis panggung berbentuk tile yang dibuat secara presisi dengan standarisasi internasional yang mudah dipasang dalam waktu singkat dan dapat pula dibongkar kembali saat akan direlokasi.

Fungsi Raised Floor

Raised floor berfungsi untuk meninggikan suatu ruangan yang ruangan tersebut kemudian dapat digunakan sebagai data centre, ruang server, ruang control, studio broadcasting, laboratorium dan lain sebagainya. Ruang kosong dibawahnya juga dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti instalasi perkabelan, instalasi perpipaan dan control systems.

Type Raised Floor 

  • Raised Floor tipe Bare : Panelnya berbahan metal dan difinishing menggunakan karpet tile berukuran 50x50cm, keramik ataupum vinyl.
  • Raised Floor tipe HPL : Panelnya telah dilapisi dengan bahan vinyl anti statis atau lebih dikenal dengan istilah HPL (High Pressure Laminated)

Struktur Material 

Untuk mengisi kepadatan panel Raised Floor, ada beberapa kandungan material, antara lain sebagai berikut.

  • Calcium Sulphate Panel Raised Floor berbahan calcium, atau sejenis zat kapur.
  • Wooden Panel Raised Floor berbahan partikel kayu, sejenis serbuk kayu atau particle board.
  • Cementitious atau Light Concrete Panel Raised Floor berbahan Semen, atau beton ringan.

Komponen Raises Floor dan Aksesorisnya

1.   Panel

Panel Raised Floor atau Access Floor berbentuk square berukuran 60x60cm atau 2x2 feet. Secara fungsi panel Raised Floor atau Access Floor terdiri dari dua bentuk, yakni :

  • Regular Panel
Panel tipe ini adalah panel Raised Floor biasa, yang sering kita dijumpai terpasang di data center atau ruang server, yang menggunakan sistem pendingin ruangan (AC) tipe comfort bukan AC tipe presisi.

  • Perforated Panel 
Panel Raised Floor yang didesain berlubang diatas permukaan panelnya, fungsinya sebagai media ducting sistem pendingin ruangan, dan secara khusus digunakan untuk ruangan yang menggunakan sistem pendingin ruangan (AC) presisi tipe down flow.

2.   Understructure

Understructure merupaka kaki-kaki penyangga panel Raised Floor, saat Raised Floor dipasang. Yang terdiri dari:

  • Pedestal 
Tiang penyangga berbahan metal dengan tinggi standar 30cm, dan untuk kebutuhan khusus tertentu produsen dapat memproduksinya secara custom, dengan tinggi bervariasi sesuai kebutuhan, dengan varian tinggi 15 s.d 150 cm

  • Stringer Systems Chasis 

Frame Penyangga berbahan metal dengan panjang standar 58cm, fungsinya untuk menyangga Panel Raised Floor pada 4 sisi, yang bertumpu diatas Pedestal

3.   Lifting Tools

Lifting tools merupak tools untuk mengangkat panel Raised Floor yang digunakan untuk keperluan pengontrolan, troubleshooting atau melakukan instalasi tambahan cabling systems yang ada dibawah Raised Floor.




Post a Comment for "Apa Itu Raised Floor?"