Mengenal Alat Berat Bulldozer beserta Fungsi, Jenis, dan Bagian-bagiannya

Bulldozer adalah alat berat untuk pekerjaan konstruksi dengan fungsi mendorong, menyebarkan, mengangkut dan menimbun kembali material tanah, pasir, kerikil dan lainnya. Bulldozer menggunakan basis berupa traktor yang di bagian depannya dilengkapi dengan sekop logam besar yang disebut bilah dozer atau juga dikenal dengan blade. Fungsi bilah depan ini digunakan untuk mendorong tanah, pasir, puing, atau material serupa dalam jumlah besar selama pekerjaan konstruksi atau pengolahan tanah. Bulldozer biasanya dilengkapi di bagian belakang dengan cakar seperti perangkat yang disebut ripper untuk melonggarkan material yang padat.

Fungsi Buldozer

Buldoser memiliki berbagai fungsi, antara lain :

1. Pembabatan (clearing)

Fungsi bulldozer yang pertama adalah untuk keperluan pembabatan, pembersihan atau penebasan. Bulldozer mampu digunakan untuk membersihkan lahan yang berupa semak, sisa penebangan pohon, batu, gundukan tanah, dan lain-lain yang mengganggu area kerja.

2. Merintis (pioneering

Fungsi bulldozer yang kedua yaitu untuk merintis atau pioneering. Pekerjaan ini biasanya dilakukan setelah proses pembabatan selesai. Bulldozer tersebut akan digunakan untuk meratakan area kerja atau untuk membuat jalan sehingga bisa mempermudah jalur atau jalan di area kerja.

3. Menggali dan mengangkut untuk jarak pendek

Bulldozer juga dapat digunnakan untuk menggali atau mengangkut material untuk jarak pendek. Bulldozer dapat digunakan untuk membuat aliran irigasi, parit, dam, dan lain sebagainya. Sementara untuk jarak yang bisa ditempuh bulldozer dalam mengangkat material kurang lebih 200 meter. Jika bulldozer dipaksakan mengangkat material melebihi jarak tersebut, dikhawatirkan bisa menyebabkan permasalahan yang tentunya siapapun tidak menginginkannya.

4. Menyebarkan material

Selain ketiga fungsi di atas, bulldozer masih memiliki fungsi yang lainnya yaitu untuk menyebarkan materail. Blade pada bulldozer inilah yang akan meratakan maupun menyebarkan materail dengan tingkat ketebalan tertentu. Material yang berupa gundukan akan didorong bulldozer ke tempat yang diinginkan.

5. Menimbun material

Bulldozer juga bisa digunakan untuk menimbul material kembali. Biasanya bulldozer akan dipakai untuk menimbun kembali bekas proyek galian gorong-gorong, pam, fondasi, dan sebagainya.

6. Menarik sesuatu

Pernah melihat bulldozer digunakan menarik sesuatu? Bulldozer mempunyai tenaga yang sangat besar sehingga bisa digunakan untuk menarik pohon dan bahkan alat berat yang lainnya

Jenis-Jenis Buldozer

Berdasarkan alat geraknya, bulldozer bisa dibedakan menjadi dua, yaitu :

1. Crawler Bulldozer

Bulldozer ini menggunakan roda rantai dan memiliki daya dorong lebih besar, terutama pada medan yang lunak. Daya apungnya lebih besar, karena kapasitas dari ground contact juga lebih besar. Namun crawler bulldozer dapat digunakan di berbagai medan. Tak hanya di medan lunak, melainkan juga tanah berlumpur, medan kasar, keras, serta berbatu. Karena itu, penggunaannya lebih luas dan fleksibel.

2. Wheel Bulldozer

Bulldozer ini menggunakan roda baret, lebih lunak, sehingga dapat beroperasi tanpa merusak jalan (jika digunakan di jalan raya). Kecepatan untuk bergerak dari jobsite satu ke jobsite lainnya juga lebih besar. Wheel bulldozer tak memerlukan alat angkut. Output lebih besar, terutama ketika digunakan dalam kecepatan tinggi. Potensi kelelahan pada operator juga bisa relatif kecil.

Bagian-Bagian Buldozer dan Fungsinya

Bulldozer mempunyai komponen-komponen yang saling mendukung sehingga dapat menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya. Komponen-komponen atau bagian-bagian tersebut digerakkan secara hidrolik dari cabin control bulldozer. Agar lebih mudah dipahami mengenai bagian-bagian bulldozer, berikut gambar bulldozer yang disertai dengan nomor-nomor petunjuknya.

1. Blade
Bagian ini merupakan bagian paling mencolok dari bulldozer karena berada di bagian depan bulldozer. Blade ini berfungsi untuk mengangkat, memindahkan atau mendorong material. Bentuknya yang seperti serok yang terbuat dari besi atau logam campuran membuatnya mudah untuk menggerakkan material. Blade mempunyai berbagai macam bentuk sesuai dengan kegunaannya.

2. Lift cylinder
Lift cylinder terhubung langsung dengan blade yang berfungsi untuk menggerakkan blade dengan menggunakan tenaga hidrolik. Dengan bagian ini, pekerja dapat memposisikan blade sesuai yang diinginkan. Kontrol bagian ini berada dalam cabin.

3. Work lamp
Seperti namanya, work lamp yang berarti lampu kerja merupakan bagain yang berfungsi untuk memberikan pencahayaan yang cukup bagi kontraktor untuk melihat lahan yang akan digarapnya.

4. Muffler
Muffles sebagai pelindung gas buang. Umumnya komponen ini terdapat di alat berat lainnya.

5. Precleaner
Precleaner berfungsi sebagai saringan udara awal dari lingkungan sekitar untuk menghalangi pengotor kasar masuk dalam air cleaner utama yang selanjutnya akan menuju ke ruang bakar mesin.

6. Cabin
Cabin adalah tempat kontrol atau ruang kendali bulldozer. Di bagian ini kontraktor/pekerja duduk sebagai operator dan mengendalikan pergerakan bulldozer, karena terdapat panel penggendali bulldozer dalam bagian ini. Cabin ini terletak di bagian upperstructure bulldozer.

7. ROPS canopy
ROPS memiliki kepanjangan Roll Over Protective Structrure yang berfungsi untuk melindungi operator jika saja terjadi insiden terguling.

8. Fuel tank
Seperti namanya, fuel tank adalah bagian untuk memasukkan atau menyimpan bahan bakar bulldozer.

9. Ripper tilt cylinder
Bagian ini sebenarnya merupakan sub bagian dari ripper (12A). Ripper tilt cylinder berfungsi sebagian bagian yang dapat memiringkan posisi ripper dalam membongkar lahan.

10. Shank ripper
Shank ripper juga merupakan sub bagian dari ripper yang berfungsi sebagai penyokong pergerakan dari ripper seperti halnya kegunaan betis bagi kaki.

11. Ripper lift cylinder
Bagian ini juga merupakan sub bagian dari ripper yang berfungsi untuk menggerakkan ripper.

12.A Ripper
Ripper adalag bagian bulldozer yang digunakan untuk membongkar material yang tidak dapat digali oleh blade.

12.B Shank protector
Bagian ini terhubung langsung dengan ripper yang berfungsi sebagai pelindung ripper dari material yang dapat merusak pergerakan ripper.
13. Point ripper
Point ripper berbentuk runcing yang merupakan titik bagian yang dapat membongkar material.

14. Arm ripper
Arm ripper merupakan lengan dari ripper yang terhubung dengan badan bulldoser.

15. Final drive/sprocket
Final drive atau disebut juga sprocket merupakan bagian bulldozer yang berfungsi untuk menggerakkan track. Sprocket berupa gear yang meneruskan tenaga putar dari mesin untuk menggerakkan bulldozer.

16. Teeth sprocket
Bagian ini merupakan sub bagian sprocekt berupa gigi-gigi dari sprocket itu sendiri.

17. Carrier roller
Carrier roller berfungsi untuk menahan track shoe agar tetap berada pada tempatnya sehingga bulldozer dapat bergerak sebagaimana mestinya.

18. Track shoe
Track shoe berfungsi sebagai alat gerak dari bulldozer yang berupa lembaran logam. Lembaran logam ini digerakkan oleh track roller sehingga dapat bergerak dan bulldozer dapat bermobilisasi dengan baik.

19. Track roller
Track roller berfungsi sebagai roda dari bulldozer. Ketika track roller berputar maka track shoe akan bergerak sehingga bulldozerpun bergerak dan berjalan dengan baik.

20. Straight frame
Straight frame berfungsi sebagai batang penyanggah blade yang menghubungkan antara blade dan badan bulldozer. Bagian ini dihubungkan dengan engsel agar blade dapat bergerak secara bebas sehingga blade dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

21. Brace
Brace merupakan sub bagian dari straight frame yang menyepit antara blade dan straight frame agar dapat bergeral dengan baik.

22. Cutting edge
Cutting edge berfungsi untuk meratakan tanah ataupun menggeruk tanah untuk dipindahkan. Cutting edge merupakan sub bagian dari blade yang biasanya bergerigi dengan berbagai bentuk sesuai fungsinya untuk meratakan atau menggeruk tanah dengan baik.

Bagian-bagian bulldozer yang telah dipaparkan tadi merupakan komponen umum yang dimiliki oleh bulldozer. Seiring dengan perkembangan zaman, komponen-komponen tersebut mungkin saja bertambah atau bahkan berkurang karena sudah digantikan dengan teknologi yang lebih canggih.






        


Post a Comment for "Mengenal Alat Berat Bulldozer beserta Fungsi, Jenis, dan Bagian-bagiannya"