Tokoh : Karl Von Terzaghi ( Mekanika Tanah )


Karl von Terzaghi lahir pada 2 Oktober 1883 di Praha, Republik Czech. Ia merupakan orang pertama yang mengungkapkan mekanika tanah secara komprehensif melalui publikasinya yg berjudul Erdbaumechanik pada tahun 1925. Pengungkapannya dan formulasi dari prinsip effective stress dan pengaruhnya terhadap analysa settlement, kekuatan, permeabilitas dan erosi tanah merupakan kontribusinya yang cukup terkenal. Ia dijuluki sebagai "Bapak Mekanika Tanah".

Ia menguasai beberapa disiplin ilmu (Teknik Sipil, Geologi dan Teknik Mesin). Tahun 1904 ia meraih gelar Diplom-Ingenieur (setara MSc) pada bidang Mekanika, kemudian bekerja di beberapa negara seperti Kroasia, Rusia dan Turki. Tahun 1911 ia meraih gelar Doktor. Tahun 1925-1929 karier akademisnya sebagai professor dilakukannya di Amerika Serikat. Tahun 1929-1938 ia mengajar pada Technische Hochschule Wien di Viena, Austria. Tahun 1939 ia berimigrasi ke Amerika Serikat dan memberi pengetahuanya pada Harvard University di Massachusetts. Tahun 1956 menikah dengan seorang ahli geologi Ruth D. Terzaghi.

Menelurkan beberapa teori tentang:

  •  Konsolidasi Tanah 
  • Gaya Tekan Tanah 
  • Daya Dukung Tanah 
  • Stabilitas Tanah 

Terzaghi adalah peraih empat kali penghargaan "Norman-Medaille" dari Masyarakat Teknik Sipil Amerika Serikat (ASCE - American Society of Civil Engineers) pada tahun 1930, 1943, 1946 dan 1955. Dan meraih sembilan gelar Doktor Kehormatan dari universitas di delapan negara, yang diantaranya Universitas Teknik Istanbul pada tahun 1949 dan Universitas Teknik Graz pada tahun 1963.

Karl von Terzaghi wafat pada 25 oktober 1963 di Winchester, Massachusetts, Amerika Serikat.


 


 

Post a Comment for "Tokoh : Karl Von Terzaghi ( Mekanika Tanah )"