Macam - Macam Beton Precast

 


1. U-Ditch

U-Ditch merupakan sebuah kanal, biasanya digunakan untuk kanal saluran air ataupun irigasi. Fungsi utamanya adalah sebagai saluran air yang mampu membawa atau mengalirkan air serta dapat meresapkan sebagian air hujan ke dalam tanah.

Ukuran U-Ditch bervariasi, tergantung dari fungsi serta besar debit air yang akan dialirkan. Bentuk dari saluran ini adalah terbuka (seperti huruf U), sehingga biasanya dipakai untuk membuat saluran terbuka dipinggir jalan, tetapi tidak menutup kemungkinan dapat ditutup juga.

2. Box Culvert

Fungsi box culvert sama dengan u-ditch, yaitu sebagai saluran drainase. Bedanya, box culvert berbentuk kotak (box), memiliki spigot dan socket sehingga tidak menyerap air hujan kedalam tanah. Hal ini dikarenakan karakteristik dari material ini yang kedap terhadap masuknya air hujan atau eksfiltrasi.

Kelebihan box culvert adalah mampu menahan pergeseran tanah. Penggunaannya bukan hanya sebagai saluran pembuangan air kotor di depan bangunan tetapi juga dapat digunakan sebagai underpass, tunnel, subway, jembatan, gorong-gorong dan masih banyak lagi.

3. Beton Barrier 

Road barrie beton adalah pembatas jalan yang terbuat dari elemen komposit beton terdiri dari besi sebagai rangkaiannya yang dicor dengan bahan beton. Proses pembuatan setiap balok road barrier beton adalah dengan cara dicetak menggunakan alat cetakan khususs, sehingga ukuran antara satu dengan yang lain seragam dengan presisi yang tinggi. Hal ini akan mempermudah saat melakukan pemasangan dan mampu untuk mencapai ketepatan yang diinginkan.

4. Kanstin

Jenis beton ini berfungsi sebagai pembatas, baik jalan maupun paving. Secara struktural, kanstin merupakan bingkai yang dapt meningkatkan kekuatan sambungan karena berfungsi sebagai pengunci ketika mengalami pergeseran.

Produk perkerasan imi juga dapat digunakan sebagai penanda pembeda ruang atau ketinggian. Sebagai contoh untuk membedakan jalan kendaraan bermotor dengan pejalan kaki dapat menggunakan kanstin yang lebih tinggi untuk pinggiran taman pada kawasan trotoar atau area pejalan kaki lainnya.

5. Buis Beton

Hampir sama dengan box culvert, buis beton memiliki fungsi sebagai saluran air. Perbedaan diantara kedua jenis beton pracetak ini yaitu pad abentuknya. Bila box culvert sesuai dengan namanya berbentuk kotak sedangkan buis beton berbentuk seperti tabung silinder. Pemilihan ukuran produk beton ini disesuaikan dengan debit air yang aka disalurkan.

6. Paving Block

Paving block adalah produk beton pracetak yang digunakan sebagai penutup tanah. Kelebihan dari paving beton pracetak adalah lebih tahan lama karena memiliki tingkat menahan beban yang lebih tinggi. Hal tersebut menyebabkan paving block dinilai murah dari sisi maintenance. Yang perlu diperhatikan adalah pada saat pemasangan adalah perlakuan untuk memadatkan tanah. Apabila proses ini dilakukan dengan baik, maka kekuatan kompresi paving block dan sambungan antar paving semakin kuat. Beton jenis ini juga dapat dicetak dengan bermacam-macam bentuk dan warna, sehingga memiliki nilai estetika yang tinggi dan tidak perlu untuk dicat.

7. Pagar Panel Beton

Pagar panel beton adalah balok persegi panjang yang disusun secara vertikal dan diperkuat dengan penyangga sebuah kolom. Penggunaan beton precast pagar ini sering ditemui karena cukup kokoh dan tahan lama sebagai pembatas.


Post a Comment for "Macam - Macam Beton Precast"