Jenis-Jenis Sambungan Pipa PVC

Dalam proses pembangunan rumah saluran air merupakan salah satu unsur penting, entah itu saluran air bersih maupun air kotor. Untuk saluran airnya sendiri biasanya memakai pipa PVC (Poly Vinyl Chloride), PVC dipilih karena harga yang cukup ekonomis dan cara merangkainya yang cukup mudah.

Namun dalam merancang PVC diperlukan satu material  pendukung yang sangat penting berupa sambungan pipa PVC, Sambungan pipa PVC  mempunyai berbagai macam jenis dan fungsi yang berbeda-beda. Maka tinggal dipilih saja sambungan mana yang cocok digunakan pada tempat yang tepat.

Langsung saja, berikut jenis-jenis sambungan pipa PVC :

1. Elbow

Elbow atau yang sering disebut knee merupakan jenis sambungan pipa PVC yang digunakan untuk menghubungkan dua buah pipa yang membelok. 

Berdasarkan sudutnya elbow terbagi menjadi dua jenis, yaitu elbow 90 derajat dan elbow 45 derajat. Sedangkan jika berdasarkan jenis sambungannya elbow terbagi menjadi tiga, yaiut elbow drat luar, elbow drat dalam, dan elbow biasa (tanpa ulir).


2.Socket

Socket merupakan sambungan pipa PVC yang paling sering digunakan, fungsinya untuk menyambung dua pipa yang memiliki diameter sama. Berdasarkan jenisnya socketjuga terbagi menjadi tiga, yaitu socket drat luar, socket drat dalam dan socket biasa (tanpa ulir).


3. Reducer

Fungsi dari reducer hamper sama dengan socket, bedanya reducer digunakan untuk menyambung pipa yang diameternya berbeda. Bisa mengecilkan atau membesarkan diameter pipa yang akan disambung, reducer sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu reducer elbow (siku-siku) dan reducer socket (lurus).


4. Cap

Cap sendiri tidak berfungsi sebagai penyambung pipa pvc, tapi digunakan sebagai penutup ujung pipa yang tidak terpakai. Berdasarkan jenisnya cap terbagi menjadi dua, yaitu cap socket dan cap drat. Cap socket biasanya digunakan untuk menutup secara permanen, sedangkan cap drat bersifat penutup sementara.


5. Tee Stuck

Tee stuck atau yng lebih dikenal dengan sambungan T, merupakan ssambungan piapa PVC yang berfungsi menyambung tiga buah pipa yang membentuk siku. Biasanya digunakan untuk membuat cabang pipa utama menjadi dua jalur, kekiri dan kekanan. Variasi lain dari tee stuck adalah Y stuck yang bentuk sambungan menyerupai huruf Y.


6. Cross 

Croos merupakan sabungan pipa yang memiliki 4 arah, fungsi membagi satu jalur pipa menjadi 3 arah dengan diameter pipa yang sama. Dengan cross, maka air akan mengalir ke tiga arah yang berbeda dengan kapasitas yang sama.


7. Water Mur

Water mur merupakan jenis variasi dari socket, namun water jur memiliki mur pengunci pada kedua ujung socketnya. Sehingga, sambungan pipa lebih kuat. Selain itu, water mur lebih mudah dilepas jika akan melakukan penggantian pipa yang mengalami kerusakan.


8. Nipple

Nipple adalah sambungan yang memiliki drat pada kedua ujungnya, dengan tujuan agar sambungan lebih kuat. Nipple biasanya sering digunakan pada ujung pipa yang akan dipasang kran air.


9. P-Trap Adapter

Merupakan sambungan pipa yang memiliki variasi yang cukup unik, fungsinya untuk memnyambung pipa pada area sempit dan tidak beraturan. Sehingga memungkinkan terjadinya beberapa sambungan pipa dengan jarak yang dekat.



Post a Comment for "Jenis-Jenis Sambungan Pipa PVC"