Jenis-Jenis Pipa Dalam Dunia Konstruksi


Pipa merupakan salah satu komponen penting dalam dunia konstruksi, pipa memiliki banyak macam dengan bahan yang berbeda-beda dan kegunaan yang berbeda pula. 

Fungsi pipa secara umum adalah digunakan untuk mengalirkan atau mendistribusikan beragam jenis zat menuju arah yang dituju, baik itu zat cair, gas atau bahkan zat padat sekali pun. Pemilihan pengunaan pipa disesuaikan dengan fluida, pressure, dan temperaturenya.

Berikut jenis-jenis pipa dan kegunaannya :

1. Pipa Besi

Pipa besi atau yang sering disebut  Black Steel Pipe (BSP), yaitu salah satu baja profil yang memiliki berbagai macam kegunaan. Pipa besi bias digunakan sebagai bahan struktur konstruksi, maupun untuk pekerjaan-pekerjaan yang bersifat arsitektural. 

Untuk pekerjaan yang bersifat arsitektural , pipa besi bisa digunakan untuk kanopi, tangga, reiling balkon, pagar, dll. Sedangkan jika untuk pekerjaan struktur, pipa besi bisa digunakan untuk tiang kolom, rangka atap, konsol, skur, dll.

2. Pipa PVC

Diantara banyak jenis-jenis pipa, pipa PVC (PolyVinyl Chloride) merupakan jenis pipa yang yang paling sering dilihat dan didengar oleh orang awam sekalipun. Selain karena gampang ditemukan ditoko-toko bangunan, pengunaan pipa dapat diliat secara langsung ketika perancangan saluran air bersih maupun air kotor. Kelebihan dari produk ini adalah harganya yang murah dan dan  mudah untuk dirangkai.

3. Pipa Galvanis

Merupakan jenis pipa yang terbuat dari bahan dasar logam, sama dengan besi pipa. Namun pipa galvanis melalui proses galvanisasi. Dimana bahan dasar tersebut dicelupkan ke dalam zinc yang mencair, serta pada temperatur tertentu. Itu sebabnya pipa galvanis tahan karat. Karena memiliki lapisan pelindung pada seluruh permukaan batang. Permukaan luar maupun dalam (rongga) pipa.

Pipa galvanis meiliki fungsi yang sangat spesifik, yaitu untuk instalasi pipa yang rentan terhadap korosi seperti saluran air bersih dalam tanah. Selain itu pipa galvanis juga sering digunakan untuk pipa gas, duckting, pipa bahan bakar, dan sebaginya.

4. Pipa Stainless

Pipa stainless adalah paduan 2 macam bahan dasar logam, yaitu antara  kromium dan besi, Pipa ini memiliki daya tahan terhadap korosi yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan pipa galvanis. Pipa ini juga memiliki karakteristik yang sangat unik, yaitu permukaan bahan yang sangat mulus dan bening. 

Pipa ini jarang dipakai dilapangan, karena perannya bisa digantikan oleh jenis pipa lain yang memiliki harga lebih ekonomis.

5. Pipa Selang Air

Walau pemasangannya tidak permanen pada bangunan seperti 4 macam pipa lainnya, pipa selang air sangat dibutuhkan sejak pelaksanaan pembangunan, hingga pengoperasian bangunan. Saat proses konstruksi, pipa ini berguna untuk men-suplai air bagi kebutuhan MCK tukang, maupun sebagai material bantu bangunan. Misalnya untuk membuat adukan semen, merendam batu bata, membersihkan alat-alat kerja, dan sebagainya. 

Post a Comment for "Jenis-Jenis Pipa Dalam Dunia Konstruksi"