10 Sofware Wajib Anak Teknik Sipil


1. AutoCAD

Software ini merupakan software yang paling umum digunakan oleh anak teknik sipil. Software ini memiliki fungsi yang fleksibel sehingga juga bisa digunakan dibidang lain selain teknik sipil.

Dengan Software ini kita bisa menyelesaikan pekerjaan gambar teknik untuk sebuah desain berbagai macam pekerjaan konstruksi seperti gambar struktur bangunan, jembatan, bendungan dan dll. 

2. SAP2000

Software ini akrab dengan mahasiswa teknik sipil yang mengambil konsentrasi struktur. SAP2000 mampu menyelesaikan pekerjaan analisa struktur yang rumit. Bisa digunakan untuk menghitung dan/atau menganalisis gaya-gaya yang terjadi pada bangunan, jembatan, tower, dll.

Software ini merupakan program analisa struktur yang paling umum dengan penggunaan yang paling fleksibel dan rasanya juga ini aplikasi struktur yang paling populer di luar sana.

3. SketchUp

Beberapa teman teknik kalau diperhatikan punya pola yang hampir sama atau mungkin kebiasaan yaitu menggambar gambar teknik 2D di AutoCAD sedangkan gamtek 3D biasanya mereka kerjakan di SketchUp. SketchUp sangat umum digunakan untuk desain suatu proyek yang membutuhkan proyeksi 3 dimensi.

Jika dibandingkan dengan software lainnya, SketchUp cukup mudah untuk dioperasikan. Bahkan orang-orang yang tidak bergelut di dunia teknik sipil pun bisa mengoperasikannya, ditambah di youtube banyak tersedia tutorial mengoperasikan SkethUp.

4. Microsoft Project

Microsoft Project  merupakan software administrasi proyek yang digunakan untuk melakukan perencanaan, pengelolaan, pengawasan dan pelaporan data dari suatu proyek. Software ini dapat menunjang dan membantu tugas pengelolaan sebuah proyek konstruksi sehingga menghasilkan suatu data yang akurat, bagi yang bekerja di manajemen biasanya sangat akrab dengan software ini.

5. ETABS

ETABS merupakan program analisis struktur yang dikembangkan oleh perusahaan software Computers and Structures.

Program ETABS secara khusus difungsikan untuk menganalisis lima perencanaan struktur, yaitu analisis frame baja, analisis frame beton, analisis balok komposit, analisis baja rangka batang, analisis dinding geser. Penggunaan program ini untuk menganalisis struktur, terutama untuk bangunan tinggi

6. AutoCAD Civil 3D

Software ini setahu saya dipakai untuk desain proyek jalan. Di dalam software fitur perancangan jalan sangat lengkap. Selain digunakan untuk melakukan peracangan jalan, software ini juga bisa digunakan untuk desain bangunan air, pemipaan dan pekerjaan di pertambangan.

7. Plaxis

Plaxis adalah program analisis geoteknik yang dapat menganalisa stabilitas tanah dengan menggunakan metode elemen hingga yang mampu melakukan analisis yang dapat mendekati perilaku sebenarnya. Plaxis menyediakan berbagai analisis tentang displacement, tegangan-tegangan yang terjadi pada tanah, faktor keamanan lereng dan lain-lain.

8. HEC-RAS

HEC-RAS adalah aplikasi yang diberikan secara freeware oleh Hydrologic Engineering Center Us Army. Aplikasi HEC-RAS ini menitik beratkan pada analisa Hidraulika pada sebuah Sungai / River Analysis Sistem.

Analisis yang dilakukan oleh HEC-RAS adalah analisis Aliran Steady, Unsteady dan Sediment Transport.  Aliran Steady adalah sebuah aliran di mana jumlah cairan yang mengalir per detik melalui bagian apapun,

9. 3D Max

UTODESK 3D MAX sering disebut dengan 3d max, merupakan produk lain dari Autodesk yang banyak digunakan di Seluruh Dunia. Produk ini sering digunakan sebagai software animasi baik animasi Aristektur maupun grafis seperti animasi film.

Efek animasi dalam software ini relatif banyak sehingga mempermudah pembuatan animasi baik animasi foto maupun animasi bergerak seperti Video promosi dalam bidang properti, film dan periklanan.

10. Global Mapper

Global Mapper adalah salah satu aplikasi (software) pengelolahan data GIS  (Geographics Information System) yang digunakan untuk mengolah data berbasis pemetaan berupa data vector, raster, data elevation, 3D View, conversion, dan beberapa feature GIS,  seperti  pengelolahan citra satelit, menampilkan data 3D View atau analisa data topografi. Format data yang bisa diolah menggunakan Global Mapper berkisar 250 format data spasial. Baca juga : 10 Jenis Besi Konstruksi Beserta Fungsinya


Post a Comment for "10 Sofware Wajib Anak Teknik Sipil"