7 Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Indonesia

Gedung pencakar langit merupak salah satu tolak ukur perkembangan ekonomi suatu negara. Gedung pencakar langit juga menjadi referensi kemajuan infrastruktur sebuah negara bahkan bisa menjadi sebuah ikon di negara tersebut.

Lantas, gudung pencakar langit apa saja yang termasuk kedalam 7 gedung pencakar langit terbesar di Indonesia? berikut ulasannya!

1. Gama Tower

Gama Tower merupakan gedung penckar langit yang meiliki ketinggian mencapai 285,5 meter, yang kemudian menjadikannya gedung pencakar langit tertinggi di Indonesia hingga saat ini. Gama Tower memiliki 64 lantai, yang difungsikan sebagai hotel dan perkantoran. Menerapkan konsep pemgembangan bangunan hijau, Gama Tower memperoleh sertifikat Greenship Gold dengan sertifikasi bangunan hijau yang ramah lingkungan. Gedung ini selesai dibangun pada tahun 2016 dengan menelan biaya sekitar 2 trilliun.

2. Treasury Tower 

Treasury Tower merupakan gedung pencakar langit yang berada di komplek District 8, SCBD, Jakarta Selatan, dengan ketinggian gedung 279,5 meter. Gedung ini memiliki 57 lantai, dimana lantai tertingginya berada di ketinggian 260,6 meter. Gedung ini memiliki 26 lift yang memiliki efisiensi dan efektifitas tinggi.

3. Wisma 46

Wisma 46 adalah gedung setinggi 261,94 meter yang terletak di komplek kota BNI di Jakarta Pusat. Setelah selesai dibangun pada 1996, Wisma 46 menduduki peringkat pertama sebagai gedung tertinggi di Indonesia hingga akhirnya pada 2016 digantikan Gama Tower. Gedung ini mempunyai 46 lantai diatas dan 2 lanatai basement. Gedung ini dirancang oleh  Zeidler Roberts Partnership (Zeidler Partnership Architects) dan DP Architects Private Ltd.

4. Menara Astra

Menara Astra atau Astra Tower merupakan gedung pencakar langit yang berada di Kawasan Sudirman, Jakarta Pusat. Gedung ini memiliki ketinggian 261,5 meter, dan memiliki 47 lantai. Gedung ini mulai dibangun pada tahun 2013 dan selesai pada tahun 2018 dengan menelan biaya sekitar 8,6 Trilliun.

5. Sahid Sudirman Center

Sahid Sudirman center merupakan gedung pencakar langit yang juga berad dikawasan Sudriman, Jakarta. Dengan ketinggian 258 meter dan memiliki 59 lantai, gedung ini adalah gedung multifungsi yang fokus utamanya digunakan sebagai gedung perkantoran. gedung ini mempunyai 30 lift yang terbagi menjadi 3 zona, serta lift layanan khusus dan ekskutif.

6. Hotel Raffles

Hotel Raffles atau yang dikenal juga dengan Ciputra World Hotel ini berada di segitiga emas Kuningan, Jakarta Selatan. Gedung ini memiliki tinggi 257 meter dengan 52 lantai dan 3 lantai basement. Hoetel Raffles berada di Komplek Ciputra World I yang berdekatan denggan Lotte Shopping Avenue.

7.  Millennium Centennial Center

Millennium Centennial Center berada di Jalan Jendral Sudirman, Jakarta. Yang merupakn gedung perkantoran dengan tinggi 254 meter dengan 53 lantai diatas dan 6 lantai basement dengan kapasitas parkir sekitar 750 kendaraan.

Post a Comment for "7 Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Indonesia"