Mengenal Wernher Von Braun, Ilmuwan Nazi Perancang Roket Saturn V

Wernher Van Braun merupakan ilmuwan yang pada tanggal 23 maret 1912, dikota Wirsitz (kini Wyrzysk) di Polandia (dulu Polandia bagian dari Kekaisaran Jerman). Ia merupakan anak kedua dari tiga bersaudara, ayahnya yang benama Magnus Freiherr Von Braun adalah seroang direktur dari sebuah bank. Sedangkan ibunya, Emmy Von Quistor merupakan seorang putri dari Parlemen Prusia. 

Ketertarikannya terhadap dunia Astronomi di mulai ketika ia mendapat hadiah teleskop dari ibunya di usia 13 tahun, selama menempuh pendidikan ia selalu menerapkan dirinya untuk belajar fisika dan matematika untuk mengejar minatnya dibidang roket dan astronomi.

Pada tahun 1934, ia mendapat gelar Dr. Phil dari Universitas  Friedrich Wilhelms di bidang fisika. Lima tahun setelah, atau tepatnya saat terjadi Perang Dunia II, ia memimpin 500 ilmuwan dan teknisi untuk membuat roket misil. Hasilnya adalah roket V-2 yang digunakan Nazi Jerman untuk menyerang kota-kota di Eropa.

Setelah tumbangnya Nazi di perang Dunia II, ia dan 500 ilmuwan lainnya menyerahkan diri kepada sekutu. Melalui operasi Paperclip, ia dan 500 ilmuwan beserta peralatannya dipindahkan ke Amerika Serikat. Ia bekerja untuk Angkatan Darat Amerika Serikat selama lima tahun, setelahnya ia diangkat sebagai Direktur di Nasa sekaligus diangkat sebagai kepala pengembangan roket Saturn-V.

Berkat keahlian dan kecemerlangannya dalam merancang roket, akhirnya Amerika mampu terbang ke Bulan melalui misi Apollo setelah 6 tahun meninggalnya mendiang John F. Kennedy, atau tepatnya pada tahun 1969. Roket Saturn V sendiri menyandang sebagai roket tertinggi, terberat, dan terkuat didunia.

Wernher von Braun meninggal diusia 65 tahun, pada 16 Juni 1977 di Alexanria, Virginia, Amerika Serikat. Ia meniggal karena kanker pankreas yang dideritannya.


Post a Comment for "Mengenal Wernher Von Braun, Ilmuwan Nazi Perancang Roket Saturn V"