Daftar 10 Gunung Tertinggi di Dunia

Gunung merupakan daratan atau permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkkan permukaan bumi lainnnya di wilayah tersebut. Gunung sendiri sekilas hampir mirip bukit, yang membedakan keduanya adalah ketinggian puncak keduannya. 

Jika membahas tentang gunung tertinggi di dunia, tentu tak lengkap jika tidak memasukkan gunung Everest didalamnya. Ya, saat ini gunung everest merupakan gunung tertinggi di dunia. Namun, ternyata masih banyak gunung-gunung yang menjulang tinggi seperti gunung everest. Langsung saja, berikut 10 gunung tertinggi di dunia :

1. Gunung Everest

Gunung  yang terletak diperbatasan Nepal dan Tibet  ini menduduki peringkat pertama sebagai gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 8.848 meter dari permukaan laut. Gunung Everest sendiri terbentuk oleh kekuatan yang dihasilkan saat lempeng tektonik India dan Eurasia bertabrakan. Hal tersebut mendorong bebatuan yang membentuk gunung tersebut. Bahkan hingga saat ini, kekuatan tersebut masih bekerja mendorong puncak Everest sekitar seperempat inci lebih tinggi setiap tahunnya.

Gunung ini sebenarnya  memiliki 17 rute pendakian, namun biasanya para pendaki  hanya menggunakan 2 rute saja. Menggunakan  rute Southeast Ridge jika start mendaki dari Nepal, dan menggunakan rute North Ridge jika start mendaki dari Tibet.

2. Gunung Godwin Austen (K2)

Gunung Godwin Austen atau sering disebut gunung K2 merupakan gunung tertinggi kedua di dunia yang berada di perbatasan Tiongkok dan Pakistan dengan ketinggian mencapai 8.611 meter. Konon, gunung ini lebih sulit didaki daripada Mount Everest karena cuaca yang buruk.  Mendaki melalui sisi Tiongkok lebih sulit dan berbahaya, maka para pendaki biasanya mendaki melalui sisi Pakistan.

3. Gunung Kanchenjunga

Gunung Kanchenjunga berada diperbatasan Nepal dan India dengan ketinggian 8.586 meter dari permukaan laut. Kanchenjunga sendiri memiliki arti “Lima Harta Karun Salju”, Karena gunung ini terdiri dari 5 puncak dimana 4 diantaranya memiliki ketinggian lebih dari 8.450 meter dari permukaan laut.

4. Gunung Lhotse

Gunung Lhotse merupakan gunung dengan ketinggian 8.516 mdpl yang berada di perbatasan China dan Nepal, dan merupakan salah satu puncak yang membentuk kelompok dari gunung Everest. Orang pertama yang mendaki gunung ini adalah pendaki asal Swiss bernama Fritz Luschinger dan Ernst Reiss  pada 18 Mei 1956.

5. Gunung Makalu

Makalu merupakan  gunung tertinggi kelima di dunia dengan ketinngian mencapai 8.485. Gunung ini berada 19 kilometer sebelah tenggara Mount Everest, tepatnya di perbatasan Nepal dan Tiongkok. Makalu menjadi salah satu gunung dengan trek pendakian tersulit di dunia, dikarenakan lokasi gunung yang terisolir dan trek pendakian yang curam.

6. Gunung Cho Oyu


Gunung yang berada di perbatasan Nepal dan Tibet ini memiliki ketinggian 8.188 mdpl, yang menjadikan gunung tertinggi keenam di dunia. Cho Oyu merupakan puncak paling barat dari sub bagian Khumbu (wilayah Everest) di Mahalangur Himalaya, 20 kilometer sebelah barat Mount Everest. Pendakian Cho Oyu pertama kali dilakukan pada tahun 1952 oleh sebuah ekspedisi yang diselenggarakan dan biaya oleh Komite Bersama Himalaya Britania Raya sebagai persiapan untuk melakukan pendakian Mount Everest pada tahun berikutnya. Ekspedisi ini dipimpin oleh Eric Shipton, Edmund Hillary dan Tom Bourdillon

7. Gunung Dhaulagiri I

Dengan ketinggiannya yang mencapai 8.167 mdpl membuat nya mampu menduduki peringkat ketujuh gunung tertinggia di dunia. Bukan karena trek pendakiannya, gunung ini di kenal kerena pemandangannya yang indah jika dilihat dari gunung Annapura I yang merupakan salah satu gunung paling populer di dunia. Gunung ini pertama didaki pada 13 Mei 1960.

8. Gunung Manaslu

Manaslu atau sering di sebut Kutang merupakan gunung tertinggi ke-8 di dunia dengan ketinggian 8.163 mdpl yang terletak di Mansiri Himal, bagian dari pegunungan Himalaya, Nepal. Gunung ini pertama kali didaki oleh Toshio Imanishi dan Gyalzen Norbu yang merupakan anggota ekspedisi dari Jepang pada 9 Mei 1956.

9. Gunung Nanga Parbat

Nanga Parbat merupakan sebuah gunung yang berada di Pakistan dengan ketinggian 8.126 mdpl. Dalam tingkat kesulitan, trek pendakian gunung Nanga Parbat disebut sama beratnya dengan K2. Sulitnya medan pada gunung ini membuat ia mendapat julukan “The Man Eater”. Gunung ini pertama kali di daki oleh Hermann Buhl pada 3 Juli 1953.

10. Gunung Annapurna I

Annapurna I merupakan gunung tertinggi ke-10 dengan titik tertinggi mencapai 8.091 mdpl. Walau menjadi gunung dengan tingkat kematian mencapai 32%, gunung ini termasuk salah satu gunung paling populer di antara 10 gunung tertinggi di dunia. Daya tariknya bukanlah puncaknya, melainkan pemandangan gunung dhaulagiri yang bisa di nikmati di sepanjang trek Pendakian.

Nah, diatas sudah admin bahas 10 gunung tertinggi di dunia. Mungkin muncul banyak pertanyaaan dari kalian kenapa sebagian besar dari gunung diatas berada di Nepal dan China, hal tersebut terjadi karena gunung-gunung termasuk kedalam pegunungan Himalaya. Dimana pegunungan Himalaya sendiri membentang di sepanjang Nepal, Bhutan, China, India, Pakistan, dan Afganistan.

Jika kalian punya kritik dan saran, silahkan kalian tulis dikolom komentar. 

Post a Comment for "Daftar 10 Gunung Tertinggi di Dunia"