6 Ilmuwan Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

Ilmuwan-ilmuwan muslim pernah berada dipuncak kejayaan diantara tahun 780 M sampai 1258 M. Pada saat itu ilmuwan-ilmuwan muslim memberikan banyak kontribusi kepada dunia melalui penemuan-penemuan dan karya yang diciptakan di berbagai bidang ilmu pengetahuan. Siapa sajakah mereka? Berikut 6 ilmuwan muslim paling berpengaruh di dunia.

1. Ibnu Sina

Abu ‘Ali al-Husayn bin ‘Abdullah bin Sina atau Ibnu Sina adalah seorang filsuf, ilmuwan, dan dokter kelahiran Persia (Iran). Selain itu ia juga dikenal sebagai seorang penulis, kebanyakan karya tulisnya adalah mengenai ilmu kedokteran. Oleh sebab itu, banyak orang memberi menjulukinya sebagai “Bapak Kedokteran Modern”. Ia telah mengahasilkan karya sebanyak 450 karangan, namun karya yang paling terkenal dari Ibnu Sina adalah Kitab Penyembuhan dan Qanun Kedokteran.

2. Ibnu al-Nafis

Selain Ibnu Sina, Ibnu al-Nafis juga seorang ilmuwan muslim yang dikenal banyak orang karena kontribusinya dibidang kedokteran. Ibnu al-Nafis adalah seorang ilmuwan kelahiran Damaskus (Suriah) yang secara akurat mendeskripsikan peredaran tubuh manusia, ia orang pertama yang mengemukakan teori pembuluh darah kapiler. Selain itu ia juga orang pertama yang telah mendokumentasikan sirkuit paru-paru. 

3. Al-Khawarizmi

Al-Khawarizmi memiliki nama lengkap Muhammad bin Musa al-Khawarizmi, merupakan seorang ahli dibidang matematika, astronomi, astrologi, dan geografi yang berasal dari persia. Karya tulis pertamanya, al-Jabar, adalah buku pertama yang membahas solusi sistematik dari linear dan notasi kuadrat. Sehingga membuatnya dikenal sebagai Bapak Aljabar.

4. Ibnu Khaldun

Ibnu Khaldun adalah seorang sejarawan muslim dari tunisia yang sering disebut sebagai bapak pendiri ilmu historiografi, sosiologi, dan ekonomi.  Ia pun dikenal sebagai bapak Ekonomi Islam, karena pemikiran-pemikirannya tentang teori ekonomi yang logis dan realistis. Di usia remaja saja tulisannya sudah menyebar kemana-mana, karyanya yang paling terkenal adalah Muqaddimah (Pendahuluan).

5. Jabir Ibnu Hayyan

Abu Musa Jabir bin Hayyan atau dikenal dengan nama “Geber” didunia barat adalah seorang polymath, kimiawan, alkimiawan dan ahli fisika. Kontribusinya terbesarnya adalah dibidang kimia, menekankan bahwa kuantitas zat berhubungan dengan reaksi kimia yang terjadi, sehingga dapat dianggap Jabir telah merintis ditemukannya hukum perbandingan tetap. Selain itu ia juga Kontribusi lainnya antara lain dalam penyempurnaan proses kristalisasi, distilasi, kalsinasi, sublimasi dan penguapan serta pengembangan instrumen untuk melakukan proses-proses tersebut.

6. Ibnu Haitham

Ibnu Haitham merupakan seorang ilmuwan kelahiran Bashrah yang ahli diberbagai bidang, seperti  sains, falak, matematika, geometri, pengobatan, dan filsafat. Ia banyak melakukan penelitian mengenai cahaya, yang kemudian  memberikan banyak inspirasi pada ahli sains barat, seperti Roger Bacon, dan Kepler dalam menciptakan mikroskop serta teleskop. Kebanyakan karya yang dihasilkan Ibnu Haitham adalah buku-buku dan makalah yang membahas tentang optik.

Nah di atas tadi telah admin bahas 6 Ilmuwan paling berpengaruh di dunia, tentunya masih banyak lagi ilmuwan muslim yang memberikan kontribusi di berbagai bidang ilmu pengetahuan. Jika kalian tau siapa lagi, silahkan tuliskan dikolom komentar. Terimakasihhh.

 

Post a Comment for "6 Ilmuwan Muslim Paling Berpengaruh di Dunia"