10 Gunung Paling Angker di Indonesia

Di zaman sekarang ini, mendaki gunung seperti menjadi tren bagi anak muda, entah untuk dijadikan sebagai pengalaman menjelajah alam ataupun untuk di pamerkan di sosial media. Gunung-gunung pun akhirnya penuh sesak oleh para pendaki baru yang kurang paham etika ketika mendaki, apalagi gunung-gunung di indonesia terkenal dengan cerita-cerita mistisnya.  

Biasanya  tiap-tiap gunung memiliki cerita mistis yang melekat dan di ingat oleh banyak orang, nah kali ini admin akan membahas 10 Gunung Paling Angker di Indonesia, antara lain :

1. Gunung Lawu (Jateng-Jatim)

Sebagian besar orang jawa memiliki keyakinan bahwa ketiga puncak di gunung Lawu meupakan salah satu tempat paling sakral di pulau Jawa. Orang-orang juga percaya bahwa Gunung Lawu memiliki nyawa, dalam artian jika kita berkata kasar dan hal-hal buruk kita akan mendapatkan balasan di akhir perjalanan. Selain itu di Gunung Lawu terdapat pasar setan, dimana jika sampai dilokasi pasar setan kita disarankan untuk melemparkan uang koin atau uang kecil lalu mengambil batu sebagai pertanda kita telah membeli sesuatu dipasar tersebut. 

2. Gunung Salak (Jawa Barat)

Yang membuat gunung ini terkesan angker yaitu adanya makam Mbah Gunung Salak. Makam angker ini berada di puncak tertinggi Gunung Salak yakni Puncak Salak I dengan ketinggian sekitar 2.211 mdpl. Masyarakat Sunda juga menganggap Gunung Salak sebagai salah satu gunung suci, karena menjadi tempat menghilangnya Prabu Siliwangi (pendiri Kerajaan Padjajaran).

Kisah mistis di gunung Salak terus mengalir ke telingga masyarakat dan para pendaki, mulai dari cerita tentang seorang nenek yang tinggal di sisi tebing, suara wanita menjerit minta tolong, hingga suara gamelan yang mengalun di tengah gunung.   

3. Gunung Arjuno (Jawa Timur)

Di gunung ini banyak terdapat petilasan bekas kerajaan Majapahit yang pernah Berjaya di bumi Nusantara. Salah satu tempat yang terkenal yaitu alas lali jiwo atau hutan lupa diri. Tidak jauh dari tempat ini ada pasar dieng. Pantangan jika anda mendaki gunung ini adalah tidak boleh memakai pakaian berwarna merah dan rombongan mendaki  jumlah anggotanya tidak boleh ganjil.

4. Gunung Semeru (Jawa Timur)

Salah satu cerita mistis yang terkenal dari gunung ini adalah dua arca prajurit majapahit yang hanya bisa di lihat orang tertentu di kawasan yang bernama Arcopodo. Selain itu di kawasan danau Ranu Kumbolo di percaya di huni sesosok dewi berpakaian kuning yang menjelma ikan emas, sehingga muncul larangan untuk memancing di danau ini.

5. Gunung Rinjani (Lombok)

Gunung Rinjani dikenal sebagai lokasi kerajaan ratu jin bernama Dewi Anjani, ratu jin penguasa. Penduduk sekitar percaya bahwa istana sang ratu dapat terlihat secara kasat mata pada saat-saat tertentu. Selain-selain itu juga ada larangan untuk mengeluh dan memikirkan hal-hal negatif, karena jika mengeluh, justru hal yang dikeluhkan akan benar-benar terjadi.

6. Gunung Ciremai (Jawa Barat)

Gunung Ciremai dipercaya sebagai tempat singgasana kerajaan Nini Pelet, merupakan tokoh yang memiliki kesaktian, terutama di bidang percintaan. Di gunung ini juga terdapat batu besar bernama batu lingga yang  dipercaya konon di jadikan tempat pertapaan Nini Pelet.  Gunung Ciremai juga dipercaya sebagai sarang harimau bermata satu yang dulu dijadikan tunganggan Nini Pelet.

7. Gunung Merapi (Jawa Tengah & Yogjakarta)

Tepat sebelum puncak gunung Merapi, terdapat kawasan bernama Pasar Bubrah atau Pasar Bubar yang menyimpan kisah jika konon ada kehidupan tak kasat mata di daerah kawasan tersebut. Selain itu, banyak orang yang percaya bahwa Gunung Merapi dikuasai oleh kerajaan ghaib yang sering disebut Keraton Merapi.

8. Gunung Slamet (Jawa Tengah)

Tempat paling horor di Gunung Slamet berada di Pos IV yang di namai Pos Samarantu yang berasal dari kata samar dan hantu. Di tempat ini terdapat dua pohon besar sejajar yang dipercaya sebagai pintu masuk bagi kerjaan makhluk halus. Bahkan para pendaki disarankan untuk tidak berhenti di Pos ini dan langsung lanjut ke Pos V.

9. Gunung Latimojong (Sulawesi Selatan)

Mitos paling terkenal dari gunung Latimojong adalah adanya hantu poppo yang terbang dimalam hari, hantu ini biasanya hinggap di pohon atau atas rumah. Sesekali ia akan mengeluarka suara “pok...pok!”,  dan dimana jika suaranya mengecil maka hantu poppo sangat dekat dengan kita.

10. Gunung Kerinci (Jambi)

Di Gunung ini terdapat pohon bolong yang di percaya terdapat banyak penunggu yang sering menampakkan diri, seperti nenek tua dan genderuwo. Cerita lain juga menyebutkan dulunya pohon bolong pernah di gunakan untuk menyimpan jenazah pendaki yang sudah meninggal.

Nah jika kalian punya pengalaman-pengalaman horor atau pernah mendengar cerita horor saat mendaki gunung, silahkan kalian tuliskan dikolom komentar.

 


 


Post a Comment for " 10 Gunung Paling Angker di Indonesia "