Apa Itu Monolit ? Dimanakah Monolit Terbesar Dunia Berada?

Apa itu Monolit ?

Monolit adalah suatu bentukan alami, seperti gunung atau bukit, yang tersusun dari batuan tunggal yang masif. Formasi atau bentukan ini biasanya muncul karena erosi dan biasanya terbuat dari batuan metamorf yang sangat keras. Monolit berasal dari bahasa Yunani (Monolithos) yang berarti batu tunggal. 

7 Monolit Paling Terkenal Di dunia

Di dunia ada banyak sekali batu monolit-monolit yang tercipta karena fenoma-fenoma alam, namun kali ini admin hanya akan mengulas 7 diantaranya saja. Langsung saja, berikut 7 monolit paling terkenal di dunia :

1. Brandberg

Brandberg merupakan batu monolit paling besar di dunia. Bila disaksikan dari satelit, Brandberg terlihat seperti gunung berupa dome raksasa yang terbagi dalam bebatuan granit dan tersisa letusan pada jaman Cretaceous sekitar 130  juta tahun lalu.

Brandberg berada di barat laut padang pasir Namib, Damaraland, Namibia, Afrika. Brandberg mempunyai tinggi 2.573 mdpl dan luas kurang lebih 650 km persegi.

2. Penon De Guatape

Batu monolit dengan tinggi 200 meter ini berada Central Ranges, Antioquia, Kolombia. Monolit ini terdiri terdiri dari sisa-sisa batu granit yang tahan terhadap pelapukan dan erosi. Di puncaknya terdapat tempat sembahyang, dimana jika kita ingin mencapai puncaknya kita akan melewati 649 anak tangga di salah satu sisinya.

3. Bukit Kelam 

Bukit Kelam atau sering di sebut bukit hitam merupakan salah satu batu monolit terkenal yang berada di Indonesia, tepatnya di Sintang, Kalimantan Barat. Batu monolit setinggi 900 meter ini di percaya oleh masyarakat lokal bahwa dulunya bukit kelam adalah sebongkah batu yang di pikul oleh seorang tokoh sakti bernama Bujang Beji uttuk membendung sungai Kapuas, Namun tali yang digunakan untuk mengikat batu tersebut putus dan batu tersebut jatuh dikawasa tersebut.

4. El Capitan

El Capitan adalah batuan vertikal di Taman Nasional Yosemite, terletak di sisi utara Lembah Yosemite, California.  Monolit granit ini memiliki tinggi sekitar 914 meter. Tebing El Capitan yang curam menjadi tempat favorit para pemanjat tebing.

5. Sigiriya

Sigiriya atau Batu Singa Sinhala adalah benteng batu kuno yang terletak di Dambulla, Matale Tengah, Sri Lanka. Nama tersebut mengacu pada situs sejarah dan arkeologi yang didominasi oleh kolom batu besar setinggi sekitar 180 meter.

Menurut kronik Sri Lanka kuno Culavamsa, situs ini dipilih oleh Raja Kashyapa (477 – 495 M) sebagai ibu kota barunya. Dia membangun istananya di atas batu ini dan menghiasi sisi-sisinya dengan lukisan dinding berwarna-warni. Di dataran tinggi kecil sekitar setengah jalan di sisi batu ini, dia membangun pintu gerbang dalam bentuk singa yang sangat besar.

 6. Zuma Rock

Zuma Rock adalah monolit alam yang besar, intrusi batuan beku yang terdiri dari gabro dan granodiorit, di Negara Bagian Niger, Nigeria. Terletak tepat di sebelah barat ibukota Nigeria, Abuja, di sepanjang jalan utama dari Abuja ke Kaduna di lepas Madala. Zuma memiliki tinggi sekitar 300 meter.

7. Uluru

Uluru atau dikenal juga Ayers Rock merupakan batuan pasir besar di bagian selatan Northern Territory di Australia. Terletak 335 km barat daya dari kota besar terdekat, Alice Springs. Monolit setinggi 348 meter dan keliling 9,4 km ini menjadi salah satu landmark alam yang paling dikenal di Australia dan telah menjadi tujuan populer bagi wisatawan sejak akhir tahun 1930-an. Sekaligus menjadi salah satu situs adat terpenting di Australia.

Nah di atas merupakan 7 monolit paling terkenal di dunia yang telah admin ulas. Jika kalian punya kritik dan saran, silahkan kalian tuliskan di kolom komentar dengan bahasa yang sopan.






Post a Comment for "Apa Itu Monolit ? Dimanakah Monolit Terbesar Dunia Berada?"