10 Danau Purba Di Dunia

Danau adalah daerah perairan yang terbentuk secara alami, berupa basin air yang sangat luas. Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan. 

Perbedaan danau biasa dan danau purba adalah danau purba berusia jutaan tahun yang lalu. Sampai saat ini para ilmuwan telah mengidentifikasi setidaknya 10 danau purba di dunia antara lain :

1. Danau Poso

Danau Poso merupakan sebuah danau purba yang terletak di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Indonesia; dan merupakan danau terdalam ketiga di Indonesia. Danau ini memiliki panjang 32 km dan lebar 16 km. Danau Poso merupakan danau tektonik yang diduga terbentuk karena proses alam sekitar 12-16 juta tahun yang lalu.

2. Danau Biwa

Danau Biwa merupakan danau terluas di Jepang, terletak di Prefektur Shiga, sebelah timur laut kota Kyoto. Danau ini menempati 1/6 luas wilayah Prefektur Shiga. Di bagian danau yang paling sempit terdapat jembatan Biwako Ohashi yang membagi danau menjadi wilayah perairan utara (Hokko), dan wilayah perairan selatan (Nanko). Danau Biwa terbentuk akibat pergeseran kerak bumi sekitar 4 juta hingga 6 juta tahun yang lalu. Danau ini termasuk danau tertua nomor 3 di dunia.

3. Danau Matano

Selain Danau Poso, Danau Matano juga salah satu danau purba yang berada di Indonesia. Danau ini berada di ujung timur provinsi Sulawesi Selatan, berbatasan dengan Sulawesi Tengah. Danau ini berada sekitar 50 km dari kota Malili (Ibu kota Kabupaten Luwu Timur). Danau Matano memiliki panjang 28 km dan lebar 8 km. Danau Matano terbentuk dari patahan (strike-slip fault) akibat aktivitas tektonik yang terjadi pada masa Pleosen, sekitar 1-4 juta tahun yang lalu.

4. Danau Baikal


 Danau Baikal adalah danau terdalam dan tertua di dunia dan terbanyak (dalam isi) air tawarnya di Bumi. Danau ini berisi lebih dari 20% air tawar dunia dan lebih dari 90% air tawar Russia. Danau ini merupakan Situs warisan dunia yang terletak di selatan Siberia di Russia, antara Oblast Irkutsk di barat laut dan Buryatia di tenggara, dekat kota Irkutsk. Danau ini memiliki panjang 636 kilometer dan lebar 80 kilometer.

5. Danau Kaspia

Danau Kaspia atau sering di sebut Laut Kaspia merupakan danau terluas di dunia. Danau ini merupakan danau yang berciri-ciri seperti laut: berair asin dan sangat luas, berada di atas kerak samudera, serta dikelilingi daratan berpasir seperti halnya pesisir pantai. Wilayah dari danau ini berada di lima negara berbeda, antara lain Azerbaijan, Iran, Kazakhstan, Rusia, dan Turkmenistan.

Luas danau ini sekitar 390,000 km2, sementara volume rata-ratanya sebesar 78,000 km3. Perairan ini membentang sepanjang 1030 km dari utara ke selatan, dengan lebar sebesar 200 hingga 400 km dari barat ke timur. Pasokan air utama untuk perairan ini berasal dari sungai terpanjang di Eropa, Sungai Volga, yang bermuara di bagian ujung utara.

6. Danau Tanganyika  

Danau Tanganyika adalah danau yang luas di Afrika tengah. Danau ini diperkirakan merupakan danau kedua terdalam di dunia setelah Danau Baikal di Russia. Panjangnya membentang sekitar 673 km pada arah Utara-Selatan dan lebar rata-rata 50 km. Danau ini melingkupi area seluas 32,900 km², dengan panjang garis tepi sebesar 1,828 km serta kedalaman rata-rata 570 m dengan kedalaman maksimum 1,470 m. Danau ini menyimpan cadangan air dengan volume perkiraan sebesar 18,900 km³.

7. Danau Victoria

Danau Victoria merupakan danau purba yang membentang di tiga negara, antara lain Tanzania, Uganda, dan Kenya. Danau ini mempunyai luas 68.870 kilometer, dan menyimpan sekitar 2.769 kilometer kubik air. Di dalam area danau ini terdapat 3000 pulau tak berpenghuni, kedalaman rata-rata dari danau ini hanya sekitar 40 meter.

8. Danau Malawi

Danau Malawi atau dikenal Danau Nyasa di sebagian besar negara adalah Danau Besar Afrika dan danau di Great Rift Valley Afrika Timur, membentang di negara, yakni   Malawi, Mozambik, dan Tanzania. Danau Malawi atau Danau Nyaza adalah danau yang memiliki panjang antara 560-580 kilometer dan lebarnya adalah sekitar 75 kilometer. Luas permukaan total danau ini adalah sekitar 29.600 kilometer persegi. Danau Malawi sendiri terbentuk sekitar 1-2 juta tahun yang lalu.

9. Danau Titicaca

Danau Titicaca merupakan danau tertinggi di dunia dengan ketinggian 3821 m dpl. Danau Titicaca mempunyai luas 8300 kilometer persegi yang terletak di pegunungan Andes. Danau Titicaca mempunyai kedalaman rata-rata antara 140 dan 180 m, dengan kedalaman maksimal 280 m. Lebih daripada 25 sungai mengalir masuk ke dalam Danau Titicaca, dan Danau Titicaca mempunyai 41 pulau yang mempunyai penduduk padat. 

10. Danau Ohrid 

Danau Ohrid adalah sebuah danau yang melintasi perbatasan pegunungan antara bagian barat daya Makedonia Utara dan Albania timur. Ini adalah salah satu danau terdalam dan tertua di Eropa, dengan ekosistem perairan unik yang penting di seluruh dunia, dengan lebih dari 200 spesies endemik. Danau ini memiliki panjang 36,4 kilometer dan lebar 16,8 kilometer, dengan kedalaman rata-rata 155 meter.




Post a Comment for "10 Danau Purba Di Dunia"